Persoalan ISG Gumpita ; “Lihat Proses Awalnya.”

Image

Pekanbaru, (Riau24) — Alasan Menpora RI, Roy Suryo saat meninjau kesiapan Provinsi Riau menjadi tuan rumah pelaksanaan ISG kemarin (13/5/13) menuai banyak tanya, Pasalnya, Menpora menegaskan bahwa selain alasan teknis, tersandungnya Gubernur Riau, Rusli Zaenal pada masalah korupsi menjadi salah satu alasan non teknis, disebut oleh Menpora.

Menyikapi hal ini, Anggota DPRD Riau, Gumpita memandang, Menpora hanya mengambil analisa secara subjektif. sebab, Lanjut Beliau, Roy Suryo selaku menpora dinilai tidak memahami dasar awal penunjukan Riau sebagai Tuan Rumah penyelenggaraan ISG.

“Mestinya menpora melihat proses awalnya, karena menpora kala itu, andi malarangeng mempunyai visi untuk memperkenalkan daerah di mata dunia.” Tutur Gumpita, kepada Riau24.com (14/5/13) saat berbincang di Gedung DPRD Riau.

Lebih jauh, Anggota Komisi A DPRD Riau inipun menegaskan, sebagai menteri, Mestinya Roy suryo memiliki etika bernegara. Artinya, masih diterangkan beliau, sebagai negara yang menjunjung asas Musyawarah Mufakat, Mestinya Menpora tidak boleh menjustifikasi persoalan dengan memandang dari satu sisi masalah, namun harus tela’ah lebih dahulu aspek lain yang menjadi penunjang. Sehingga kata Gumpita, alasan yang dilontarkan tidak bersifat subjektif.

“Harusnya menpora memahami etika bernegara dan proses permusyawaratan, jangan menjustifikasi secara subjektif mengenai gubernur, namun harus mencari alasan yang masuk akal.”

Selain itu juga, dalam analisa dirinya, jika status Gubri menjadi dasar persoalan, tentu sebagai negara yang memiliki sistem pemerintahan, hal tersebut tidak dapat di jadikan alasan kuat. Pasalnya, dijelaskan lagi, Pemerintahan Provinsi Riau masih memiliki Wakil Gubernur yang mempunyai peranan dan fungsi untuk menjalankan roda organisasi daerah. Jadi, masih dikatakannya, Alasan Menpora dianggap mengada ada.

“Meski gubri menjadi tersangka, tapi kan masih ada wakil gubernur dan panitia lokal yang melaksanakan, jadi alasan menpora kita anggap tidak sesuai.” Ucapnya.

Diakhir Gumpita menegaskan, Pernyataan dirinya ini bukan semata untuk dukung mendukung Lokasi ISG, namun lebih kepada tata cara dan prosedur dalam mengeluarkan keputusan Menpora. Bahkan, kata darinya, jika Menpora memahami hal ikhwal penunjukan Riau menjadi tuan rumah, harusnya Menpora mempertimbangkan kembali ucapan yang menjadi alasan pada saat kunjungan di riau kemarin.

“Ini bukan masalah dukung mendukung, tapi lebih kepada tatacara, Karena riau ada pengalaman PON dan memiliki venue yang baik mestinya menjadi pertimbangan.” Jelas Gumpita akhiri percakapan.(Fes)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s