Sejarah Piala Dunia Tahun 1930

Image

Uruguay tercatat sebagai negara pertama penyelenggara kejuaraan Piala Dunia. Kompetisi ini diadakan pada 13-30 Juli 1930 dan diikuti oleh 13 tim nasional yang terdiri dari 7 negara Amerika Selatan, 4 negara Eropa dan 2 negara Amerika Utara.

Alasan FIFA memilih Uruguay adalah karena pada tahun itu Uruguay merayakan 100 tahun usia konstitusi pertama mereka dan karena tim nasional Uruguay berhasil mempertahankan gelar juara mereka di Olimpiade 1928.

Semua pertandingan di Piala Dunia pertama ini dimainkan di ibukota Uruguay, Montevideo. Mayoritas pertandingan digelar di Estadio Centenario, yang memang sengaja dibangun untuk menyambut turnamen Piala Dunia. Sebanyak 13 tim dibagi menjadi 4 grup, di mana setiap pemuncak klasemen berhak melaju ke semifinal.

Argentina, Uruguay, Amerika Serikat dan Yugoslavia lolos ke babak empat besar setelah menyingkirkan saingan mereka di penyisihan grup. Di final, tuan rumah Uruguay mengalahkan Argentina dengans kor 4-2 di hadapan 93.000 penonton dan menjadi negara pertama yang memenangi trofi Piala Dunia.

Gol-gol Uruguay dicetak Pablo Dorado, Pedro Cea, Santos dan Castro. Adapun gol Tim Tango dilesakkan Carlos Peucelle dan Guillermo Stabile.

Nama terakhir juga sukses menjadi top scorer turnamen dengan torehan 8 gol.

Kontroversi

Di partai final, Argentina (yang kalah 2-4) sebenarnya sempat unggul 2-1 di babak pertama. Ketika itu pertandingan berlangsung dengan menggunakan bola dari Argentina.

Namun, di babak kedua bola diganti dengan bola tuan rumah dan ini menginspirasi semangat pasukan Uruguay untuk membalikkan keadaan menjadi 4-2.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s