2 Langkah Real Madrid Menuju La Decima

Image

VIVAbola – Real Madrid berada dalam trek yang benar dalam upaya merebut La Decima atau gelar Liga Champions ke-10. Kemenangan 3-0 atas Galatasaray dalam leg 1 babak perempat final di Santiago Bernabeu, Rabu 3 April 2013 (Kamis dini hari WIB), membuat langkah Los Blancos ke babak semifinal sedikit lebih mudah.

Tim besutan Jose Mourinho tinggal membutuhkan hasil imbang atau kalah tidak lebih dengan selisih 2 gol saat bertandang ke Istanbul, Selasa 9 April 2013 (Rabu dini hari WIB). Sekilas bukan hal sulit bagi Madrid dalam mengemban misi tersebut di Turk Telekom Arena. Ya, satu kaki Madrid seolah sudah menapak di semifinal.

Madrid juga mendapat modal berharga jelang lawatan ke Turki. Meski menyimpan beberapa pemain intinya, Los Blancos sanggup menggilas Levante 5-1 dalam lanjutan La Liga di Santiago Bernabeu.

Presiden Madrid, Florentino Perez, sangat senang dengan performa Los Blancos di Liga Champions. Dia begitu percaya diri Madrid bisa menembus partai final di Wembley, 25 Mei 2013.

“Melawan Galatasaray, tim melakukan pekerjaan yang sempurna. Tim ini akan berjuang sampai menit terakhir untuk memberikan apa yang diinginkan suporter,” ujar Perez seperti dikutip dari Marca.

“Bisakah kita lolos ke final Liga Champions? Kami harus yakin semuanya mungkin,” lanjutnya.

Tetap Waspada

Jika Madrid di atas angin untuk lolos, Galatasaray benar-benar membutuhkan keajaiban. Menang dengan selisih 4 gol rasanya misi yang sangat sulit meski akan bertanding di kandang sendiri.

Namun, tim berjuluk Aslan ini masih memiliki tekad untuk menyulitkan Madrid. Bukti nyata ditunjukkan dalam lanjutan Super Lig Turki, akhir pekan lalu. Meski harus bermain dengan 10 orang sejak menit 30, Galatasaray menang 3-1 melawan Mersin Idmanyurdu.

Dalam laga tersebut, Didier Drogba sanggup mencetak 2 gol. Ini merupakan sinyal bahaya bagi Madrid, meski Drogba mengakui timnya masih kurang pengalaman.

“Kami kurang berpengalaman jika dibandingkan dengan lawan kami. Skuad kami masih dipenuhi pemain-pemain muda. Kami masih harus belajar dan memperbaiki penampilan ini,” ujar Drogba seperti dilansir situs resmi UEFA.

“Sangat bagus bisa bermain di sini dan tidak kebobolan lebih banyak,” lanjut pemain asal Pantai Gading ini.

Kewaspadaan tinggi diapungkan oleh kiper Madrid, Diego Lopez. Eks kiper Sevilla ini mengatakan perjuangan timnya masih belum selesai meski sudah di atas angin.

“Pertandingan ini masih belum selesai. Kami tahu apa yang bisa terjadi dalam sepakbola,” ujar Lopez seperti dilansir Football Espana.

“Ini adalah tempat yang sulit dilalui dan kami akan menghadapi tim tangguh. Mereka tidak menunjukkan penampilan terbaik, mereka bisa lebih baik dibandingkan pertemuan pertama. Kami harus sangat waspada,” tegas pemain 31 tahun ini.

“Mereka adalah tim bagus yang bisa membahayakan lewat serangan balik. Kami harus tetap tenang dalam bertahan. Saya memprediksi akan menjalani pertandingan sengit di tempat yang sulit,” ucap Lopez.

Kewaspadaan juga dilontarkan oleh Sergio Ramos. Bek yang akan absen karena akumulasi kartu ini tetap menaruh respek pada Galatasaray.

“Kami belum pantas menggelar pesta kembang api karena belum mendapatkan apapun,” kata Ramos di situs resmi UEFA.

“Jadi, kami harus tetap bekerja keras dan konsentrasi penuh menghadapi Galatasaray. Selain itu, kami ingin mengakhiri musim ini dengan banyak kemenangan dan di atas segalanya memenangkan trofi,” tegas bek timnas Spanyol itu.

Galatasaray Tanpa Mesin Gol

Tugas Galatasaray bertambah berat setelah harus tampil tanpa sang mesin gol andalan. Burak Yilmaz harus absen karena akumulasi kartu. Jelas, ini kerugian besar karena peran Yilmaz selama ini begitu penting.

Sejauh ini, Yilmaz hanya terpaut 1 gol dari top scorer Liga Champions, Cristiano Ronaldo. CR7 berhasil mencetak 9 gol dalam 810 menit. Sedangkan Yilmaz berhasil 8 kali membobol gawang lawan dalam waktu 767 menit.

Dengan absennya Yilmaz, praktis lini depan Galatasaray sangat bertumpu pada Didier Drogba. Pemain lain yang harus absen adalah bek tengah, Dany Nounkeu. Namun, Albert Riera dan Selcuk Ilnan sudah bisa tampil setelah absen di liga domestik karena akumulasi kartu.

Sementara itu dari kubu Madrid, pemain yang harus absen adalah Sergio Ramos dan Xabi Alonso. Kedua pemain ini terkena akumulasi kartu kuning. Kiper Iker Casillas dibawa dalam lawatan ke Istanbul, namun kemungkinan akan menjadi cadangan.

Peluang Madrid untuk menang dalam laga ini cukup besar. Sebab, rekor kandang Galatasaray di Liga Champions musim ini tak tergolong istimewa.

Tim besutan Fatih Terim ini hanya bisa menang sekali di Turk Telekom Arena. Namun, mereka hanya 2 kali kalah dalam 13 laga kandang terakhir di Eropa.

Catatan statistik juga begitu memihak Madrid. Los Blancos berhasil melaju 41 kali dari 54 kemenangan di kandang pada leg 1. Tujuh di antaranya terjadi saat Madrid menang 3-0 di kandang.

Jika berhasil melaju, Madrid tinggal dua langkah lagi menuju La Decima. Mereka tinggal meraih kemenangan di babak semifinal dan final. (one)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s